Senin, 11 Februari 2013

Dampak Pemakaian Kertas Berlebihan



JAKARTA, PedomanNEWS.com - Faktanya, penggunaan kertas secara berlebihan membahayakan lingkungan. Kertas berasal dari kayu. Sehingga, konsumsi kertas yang tinggi menuntut penebangan pohon yang semakin banyak. Ini alasan mendetail mengapa kita harus menghindari konsumsi kertas sebisa mungkin, demi kelestarian lingkungan.

1. Menurut Environment Canada, produksi 1 kilogram kertas memerlukan sekitar 324 liter air.

2. Berdasarkan data Institut Lingkungan dan Pengembangan Internasional (IIED) tahun 1996, 95 persen informasi perkantoran masih dicetak di kertas, belum dalam bentuk digital.

3. Mendaur ulang 54 kilogram Koran setara dengan menyelamatkan satu pohon.

4. Rata-rata tiap harinya pengguna web mengeprint 28 halaman.

5. Sebanyak 115 miliar lembar kertas digunakan tiap harinya untuk komputer personal, menurut Worldwatch Institute.

6. Berdasarkan informasi agen berita Xinhua, 10.000 pohon ditebang di Cina secara berkala untuk membuat kartu liburan.

7. Mendaur ulang 1 ton kertas sama dengan menyelamatkan 17 pohon, 682,5 galon minyak, dan 7000 galon air.

8. Tiap pohon dapat memenuhi kebutuhan bernapas 2-3 orang.

9. Mendaur ulang setengah konsumsi kertas dunia sama dengan menyelamatkan 20 juta hektar hutan.

10. Tiap tahun, 300 juta ton kertas diproduksi di seluruh dunia.

Konsumsi kertas berlebihan memicu kegundulan hutan dan permasalahan lain, misalnya ketersediaan air serta pemanasan global. Berbahaya, terlebih kondisi lingkungan sekarang sudah rusak.

Let's Do Our Best to Save The Earth!!

Dampak Penggunaan Parfum


Banyak orang yang sering sekali menggunakan parfum tapi mereka tidak tahu apa dampak dari pemakaian parfum tersebut. Dan parfum juga merupakan zat pewangi yang digunakan sebagai pengharum badan. Parfum seperti yang biasa kita pakai merupakan pembunuh nomor satu bagi kita. Parfum merupakan satu dari beberapa bahan yang yang mengandung CFC (ChloroFluoroCarbon). CFC yaitu zat yang merubah ozon menjadi oksigen. Jika tidak ada ozon maka sinar ultra violet yang masuk kebumi tidak dapat dicegah lagi.

Pemicu dampak selanjutnya dari penipisan ozon yaitu pemanasan global. Selain parfum ada juga AC, kulkas, pembuatan busa, bahan pelarut terutama bagi kilang-kilang elektronik. Namun dari semua pemakaian tersebut, parfum memiliki potensi yang paling besar dalam penyumbangan CFC. Dapat dikalkulasikan, Hampir semua remaja, anak-anak bahkan orang tua memakai parfum.

Hal ini tentu akan berdampak buruk bagi kelangsungan makhluk hidup dibumi ini. Dampak yang kita rasakan yaitu ketika hari mendung maka udara akan terasa panas, tidak sejuk.hal ini merupakan dampak dari penipisan ozon yang tak mampu lagi menghalangi sinar ultraviolet yang masuk. Para ahli kesehatan mengungkapkan bahwa manusia yang terpapar sinar Ultra Violet B & C dengan intensitas yang tinggi bisa terkena penyakit kanker kulit, katarak mata, hingga penurunan sistem kekebalan tubuh.

Oleh karena itu, sebaiknya kita mulai sekarang meminimalisir pemakaian parfum yang berpotensi dalam penipisan ozon dengan cara :
Pertama, gunakan parfum seperlunya saja, tidak berlebihan dalam pemakaiannya. Jika hal ini dilakukan oleh setiap manusia maka dapat dibayangkan penipisan lapisan ozon dapt dikurangi dengan cepat.Kedua, sebisa mungkin gunakan parfum non alcohol. Parfum non alcohol merupakan parfum yang tidak mudah menguap dan dapat bertahan dibaju beberapa hari. Parfum non alkhohol dapat dengan jelas dibedakan dengan parfum berakholol.


Oleh karena itu, gunakan parfum seperlunya saja jangan terlalu berlebihan supaya bumi kita terjaga dan tidak mengalami global warming lagi.

Global Warming


Pemanasan global (Inggris: global warming) adalah suatu proses meningkatnya suhu rata-rata atmosfer, laut, dan daratan Bumi.

Suhu rata-rata global pada permukaan Bumi telah meningkat 0.74 ± 0.18 °C (1.33 ± 0.32 °F) selama seratus tahun terakhir.Intergovernmental Panel on Climate Change (IPCC) menyimpulkan bahwa, "sebagian besar peningkatan suhu rata-rata global sejak pertengahan abad ke-20 kemungkinan besar disebabkan oleh meningkatnya konsentrasi gas-gas rumah kaca akibat aktivitas manusia"[1]melalui efek rumah kaca. Kesimpulan dasar ini telah dikemukakan oleh setidaknya 30 badan ilmiah dan akademik, termasuk semua akademi sains nasional dari negara-negara G8. Akan tetapi, masih terdapat beberapa ilmuwan yang tidak setuju dengan beberapa kesimpulan yang dikemukakan IPCC tersebut.


Model iklim yang dijadikan acuan oleh projek IPCC menunjukkan suhu permukaan global akan meningkat 1.1 hingga 6.4 °C(2.0 hingga 11.5 °F) antara tahun 1990 dan 2100. Perbedaan angka perkiraan itu disebabkan oleh penggunaan skenario-skenario berbeda mengenai emisi gas-gas rumah kaca pada masa mendatang, serta model-model sensitivitas iklim yang berbeda. Walaupun sebagian besar penelitian terfokus pada periode hingga 2100, pemanasan dan kenaikan muka air laut diperkirakan akan terus berlanjut selama lebih dari seribu tahun walaupun tingkat emisi gas rumah kaca telah stabil. Ini mencerminkan besarnya kapasitas kalor lautan.


Meningkatnya suhu global diperkirakan akan menyebabkan perubahan-perubahan yang lain seperti naiknya permukaan air laut, meningkatnya intensitas fenomena cuaca yang ekstrem, serta perubahan jumlah dan pola presipitasi. Akibat-akibat pemanasan global yang lain adalah terpengaruhnya hasil pertanian, hilangnya gletser, dan punahnya berbagai jenis hewan.


Beberapa hal yang masih diragukan para ilmuwan adalah mengenai jumlah pemanasan yang diperkirakan akan terjadi pada masa depan, dan bagaimana pemanasan serta perubahan-perubahan yang terjadi tersebut akan bervariasi dari satu daerah ke daerah yang lain. Hingga saat ini masih terjadi perdebatan politik dan publik di dunia mengenai apa, jika ada, tindakan yang harus dilakukan untuk mengurangi atau membalikkan pemanasan lebih lanjut atau untuk beradaptasi terhadap konsekuensi-konsekuensi yang ada. Sebagian besar pemerintahan negara-negara di dunia telah menandatangani dan meratifikasi Protokol Kyoto, yang mengarah pada pengurangan emisi gas-gas rumah kaca.

Di kutip dari : http://id.wikipedia.org/wiki/Pemanasan_global

Bagi kalian yang ingin menyumbangkan sebagian uang kalian, kalian bisa mencoba mendonasi untuk korban global warming yang ada di luar negeri ini link nya...

http://www.globalgiving.org/

Selasa, 05 Februari 2013

Save Our Earth

Ayo.. Selamatkan Bumi Kita!!

  • Pertama, mari kita menjaga kebersihan diri sendiri. Pada pelajaran agama Islam diajarkan bahwa "Annada fatu minal iman :Kebersihan sebagian dari iman " Maka pertama, mari kita biasakan menjaga kebersihan diri sendiri.
  • Kedua, mari kita menjaga kebersihan lingkungan sekitar kita, seperti lingkungan kamar, rumah, kelas dan sekolah kita.
  • Ketiga, hindari pemakaian yang terlalu banyak sesuatu yang dapat menimbulkan Global Warming, seperti memakai parfum terlalu banyak, pemakaian AC yang berlebihan, membuat rumah dari kaca / rumah kaca, dan mengurangi penggunaan kendaraan bermotor.
  • Keempat, mari mulai membuat suatu barang untuk kebutuhan sehari-hari namun, tidsk mengakibatkan limbah yang berlebihan, sehingga tidak merusak lingkungan sekitar.
  • Kelima, mari kita tanami lingkungan sekitar kita dengan tanaman yang bermanfaat untuk kita semua.
  • Terakhir, mari kita rawat apa yang sudah kita tanam dan mencintainya.

By : Twinith

Senin, 04 Februari 2013

Save The Rainfoests, Save The World


Jika kalian ingin mengetahui banyak informasi tentang menyelamatkan bumi, kalian bisa membuka link di bawah ini. Link ini adalah link sebuah website yang dibuat oleh orang dari United Kingdom, jadi semua bahasanya menggunakan bahasa inggris. Namun, apa salahnya jika ingin tahu. Coba kalian buka dan temukan manfaatnya...
Disana kalian akan diajak menyelamatkan dan melindungi hutan beserta isinya..
Save The Rainfoests, Save The World


Buku Atlas Tumbuhan Obat

Bagi kalian yang ingin mengetahui tanaman yang bermanfaat dan dapat digunakan untuk obat apa saja, kalian bisa membaca lewat buku ini.




Ini jilid yang terakhir rilis. Jadi sebetulnya buku ini terdiri dari jilid 1-6 dan sangat baik bagi kalian yang suka tanaman obat maupun bagi kalian yang mempunyai lahan  yang cocok untuk di buat kebun di rumah.

Puisi : Hijau Sekolahku

"Hijau Sekolahku"

Kenangan indah masa lalu 
Berganti sandang seragam biru
Memikat hati putih nan abu 

Hijau sekolahku 
Awal langkah cerita baru
Gugur daun yang layu
Bersama desiran bayu
Tiada lagi butiran debu

Menumpuk derai sampai menggebu
Di setiap sudut nan bersih 
Tak membuat bosan dengan risih
Jauh terkapar tumpukan sampah

Giat belajar bermandi keringat basah
Hampar terasa
Lelah sudah 
Menimbun hasil di ladang wadah

Tergenang air biru laju seloka meliku
Deras mengalir bebas
Bening seperti dalam gelas

Berjalan cerah dalam hari 
Pandangan indah pohon asri
Lembayung menetes embun pagi

Terseka ilmu dengan guru tengah beri
Semburat jingga senja 
Kini perlahan tenggelam
Sosok mentari 
Lalui malam menanti pagi esok hari
Tak sabar tuk pergi kesekolah lagi.


By : Tanty